Attention

Thanks a lot for visit my blog. Blog ini belum sepenuhnya lengkap dan sempurna, silahkan tinggalkan komentar yang membangun untuk melengkapi blog ini. Thank you for your attention. .

Like this blog on Facebook

Kamis, 28 April 2011

Pidato "Manfaat Internet bagi Dunia Pendidikan"

Assalamualaikim Wr.Wb,

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat ibu penguji dan teman-teman yang saya cintai, marilah kita panjatkan Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan rahmat dan karunianya kita semua dapat hadir di sini dalam keadaan yang sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan dan memaparkan manfaat dan pentingnya internet bagi dunia pendidikan, dan manfaatnya bagi para siswa. Bagi dunia pendidikan internet memberikan banyak manfaat untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar dan memiliki banyak manfaat bagi para siswa.


1. Mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain dengan buku, alih ilmu pengetahuan dan teknologi bisa berlangsung melalui internet. Kita bisa mengakses atau mengikuti perkembangan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Sebagaimana kita maklumi, ilmu pengetahuan senantiasa berkembang cepat.


2. Proses pembelajaran lebih menarik.

Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh. Siswa dan guru akan lebih bersemangat dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif. Dengan kata lain, proses pembelajaran bisa direkayasa, sesuai materi atau bahan pelajaran dan kondisi siswa. Guru bisa menggunakan berbagai fasilitas yang ada di internet. Pada gilirannya kreativitas guru akan senantiasa terasah, sehingga proses belajar mengajar menjadi menarik perhatian siswa.


3. Mendorong siswa lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi.

Sumber belajar tidak hanya dari buku dan guru. Siswa dapat mencari ilmu pengetahuan dan informasi dari internet. Mereka bisa mencari dan menemukan berbagai ilmu pengetahuan dan informasi yang tidak ada di dalam buku. Biasanya siswa akan lebih tertarik dan asyik mencari ilmu pengetahuan dari internet, karena disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa masing-masing. Di sini siswa mempunyai kebebasan dalam mencari ilmu pengetahuan dan informasi yang penting. Yang lebih hebatnya lagi para pelajar dapatsaling berbagi informasi dengan pelajar lain di seluruh penjuru dunia yang dapat meningkatkan pengetahuan mereka. Sehingga secara tidak langsung mereka dapat bertukar pikiran bahkan bertukar informasi seputar budaya dan hal lainnya yang akhirnya dapat memunculkan perdamaian dunia bahkan memperbaiki dunia kita ke arah yang lebih baik.


4. Mempermudah penjelasan konsep.

Selama ini dalam materi atau bahan pelajaran disampaikan melalui metode ceramah. Dengan adanya internet, guru bisa menyampaikan konsep atau materi secara audiovisual. Pelajaran lebih nyata dan jelas, sehingga mempermudah pemahaman siswa. Hal ini dapat menghindari kebingungan pada diri siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Misalnya, menjelaskan proses menetaskan telur, mekarnya bunga, dan lain-lain.


5. Pembelajaran lebih kontekstual dan up to date (aktual).

Melalui internet, pembelajaran lebih pas, sesuai materi atau bahan pelajaran yang akan disampaikan. Ilmu dan materi atau bahan pelajaran lebih baru, nyata atau aktual, sehingga wawasan siswa semakin luas. Hal ini untuk mengimbangi materi atau bahan pelajaran yang ada dalam buku, yang sudah ketinggalan zaman. Dengan demikian, proses pembelajaran lebih dinamis, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan.


6. Mempermudah dan mempercepat administrasi pendidikan.

Pelaksanaan proses pendidikan harus diusahakan lebih praktis dan cepat. Guru tidak terlalu disibukkan urusan administrasi yang berbelit-belit, sehingga konsentrasi lebih tertuju pada proses pembelajaran di kelas. Misalnya, dalam membuat persiapan mengajar, pengolahan nilai, dan menyebarluaskan nilai ulangan atau ujian, bisa menggunakan fasilitas komputer (internet). Dengan demikian, internet dapat memperbaiki dan memperlancar administrasi pendidikan.


7. Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dengan siswa.

Komunikasi edukatif tidak hanya bisa dilakukan atau berlangsung melalui tatap muka (face to face), tetapi bisa juga lewat internet. Jadi, proses pembelajaran tidak hanya di kelas, tetapi bisa dilakukan di mana dan kapan pun, sesuai kebutuhan dan kesempatan yang ada. Guru dengan siswa bisa berkomunikasi di luar kelas. Misalnya, melalui e-mail, blog atau website resmi lembaga pendidikan yang bersangkutan.


8. Sebagai perpustakaan elektronik.

Perpustakaan sekolah biasanya hanya berisi berbagai media cetak. Misalnya buku, majalah, surat kabar, dan lain-lain. Dengan kemajuan teknologi, perpustakaan sekolah bisa melengkapinya dengan sarana elektronik, yakni internet. Pengguna atau pengunjung perpustakaan bisa membuka internet untuk mencari berbagai informasi, data, dan ilmu pengetahuan, serta teknologi yang dibutuhkannya. Adanya perpustakaan elektronik ini, diharapkan menjadi motivasi atau dorongan bagi siswa, untuk sering berkunjung ke perpustakaan. Karena di perpustakaan tersebut tersedia berbagai ilmu pengetahuan dan informasi serta teknologi.

Bagi siswa sendiri internet juga memberikan banyak manfaat antara lain sebagai berikut.


1. Internet membantu siswa untuk mencari materi atau referensi untuk membantu menyelesaikan tugas atau pekerjaan rumah. Dengan mengunjungi situs-situs internet seperti Wikipedia, Google atau Yahoo dapat mencari semua materi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.


2. Digunakan sebagai alat komunikasi. Siswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan program MIRC, Yahoo, Twitter, Friendster dan jejaring sosial lainnya. Siswa dapat membagi data dan mengirim surat elektronik melalui email. Dengan Facebook, Twitter atau friendster siswa dapat bertemu dengan banyak orang di seluruh dunia, berkomunikasi dan berbagi pengetahuan dengan banyak orang melalui akun jejaring sosial. Selain itu juga siswa dapat mengenal teman baru dan berbagi pengalaman dan pengetahuan. Siswa juga dapat bergabung dengan situs jejaring sosial Miling List untuk berdiskusi dengan teman atau orang lain mengenai pelajaran, sekolah, atau masalah yang sedang hangat diperbincangkan saat ini.


3. Siswa dapat mencari materi untuk pembelajaran di sekolah sebagai referensi, dan mencari informasi yang dapat mendukung kegiatan belajar mereka.

Internet diharapkan dapat membantu mempercepat perkembangan pendidikan. Pendidikan lebih maju dan berkualitas. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat. Apabila ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

2 komentar:

  1. saya pinjam pidatonya buat ujian praktek ya kawan, hehe

    BalasHapus
  2. Thx atas contoh pidatonya (y)

    BalasHapus

Bean Says

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Thanks for follow my blog

Royalgreen

Royalgreen
Berpijak di atas bumi, tetap berdiri dan bertahan dtengah kerasnya kehidupan yang tak menghargai ketidaksempurnaan dan tak ada toleransi bagi sebuah kelemahan.